Loading

Minggu, 15 Juli 2012

Planet Paling Dekat Dengan Mataharinya


Tim astronom internasional yang menggunakan data dari NASA’s Hubble Space Telescope telah melakukan pengamatan yang tak tertandingi, mendeteksi perubahan yang signifikan pada atmosfer sebuah planet yang terletak di luar tata surya kita.

Sebuah planet yang di beri nama Exoplanet HD 189733b terletak terlalu dekat dengan bintangnya (ket : matahari adalah sebuah bintang terdekat dengan planet)  sehingga planet ini mampu menyelesaikan setiap orbitnya hanya dalam 2,2 hari (bandingkan dengan bumi yang memerlukan  satu tahun untuk satu kali orbit / revolusi). Pada akhir 2011, NASA’s Hubble Space Telescope menemukan bahwa atmosfer bagian atas planet itu memancar dengan kecepatan melebihi 300.000 mph. Tepat sebelum pengamatan Hubble, NASA Swift telah mendeteksi peledakan bintang yang mengeluarkan sinar-X ekstr kuat, cukup kuat untuk menerbangkan bagian dari atmosfer sebuah planet.

Planet Exoplanet HD 189733b  adalah gas raksasa mirip Jupiter, namun sekitar 14 persen lebih besar. Planet ini mengelilingi bintangnya pada jarak hanya 3 juta mil, atau sekitar 30 kali lebih dekat daripada jarak bumi dari matahari. Bintangnya (mataharinya), bernama HD 189733A, berukuran sekitar 80 persen dari matahari kita.
  A Change in the Air

Image ini menggambarkan penguapan atmosfer HD 189733b akibat  letusan kuat dari bintang induknya.


http://www.nasa.gov

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda
Thank you for your visit